Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dalam Beberapa Tahun Terakhir Kabupaten Kapuas Mampu Kurangi Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Maret 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam beberapa tahun terakhir Kabupaten Kapuas dinilai mampu mengurangi kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sehingga merupakan sebuah respon positif dalam menanggulangi bencana tersebut.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor dalam apel gabungan. Menurut dia, dalam tiga tahun belakangan Kabupaten Kapuas mampu mengurangi karhutla hampir 70% jika dibandingkan dengan kejadian 2015 yang lalu.

"Ini terlihat dari jauh menurunnya jumlah titik panas (hotspot), luasan yang terbakar maupun dampak kabut asap yang ditimbulkan," ungkap Nafiah, Senin (11/3/2019).

Lebih lanjut dia mengharapkan, dengan kondisi tersebut harus terus ditingkatkan. Untuk itu perlu kerjasama semua Stake Holder yang terlibat baik pemerintah, TNI/Polri, Swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Salah satunya dengan melakukan upaya pencegahan melalui penyuluhan dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Selain itu, dia menerangkan Negara Indonesia memiliki risiko bencana yang kompleks. Berdasarkan Rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selama tahun 2018 telah terjadi sebanyak 2.572 kejadian bencana yang mengakibatkan 4.814 jiwa meninggal dan hilang serta 320.165 unit rumah yang rusak.

“Kabupaten Kapuas meskipun tidak berada pada jalur patahan dan cincin api ‘Ring Of Fire’, tapi berdasarkan hasil kajian Kabupaten Kapuas merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki indeks kerawanan bencana yang cukup tinggi terutama kebakaran hutan dan lahan, bencana banjir dan angin putting beliung,” katanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru