Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diklat Prajabatan CPNS akan Dilaksanakan di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Maret 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pendidikan dan pelatihan (Diklat) prajabatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang kemarin lulus akan dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hal itu dilakukan untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

"Kotim diperbolehkan melaksanakan diklat prajabatan sendiri, karena CPNS yang lulus di Kotim sangat banyak yakni 586 orang sehingga kalau dilakukan di Palangka Raya, membutuhkan waktu yang lama," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Senin (11/3/2019). 

Kotim disetujui melaksanakan diklat prajabatan secara mandiri, setelah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim Alang Arianto melakukan paparan kepada pihak provinsi. Sehingga Kotim dinyatakan layak untuk melakukan diklat prajabatan mandiri. Apalagi, jumlah CPNS yang lulus merupakan terbanyak di Kalimantan. 

Kalau dilakukan di Palangka Raya, membutuhkan waktu yang lama. Bahkan tidak cukup satu tahun. Sedangkan peraturan dari pemerintah pusat, bagi CPNS yang lulus harus mengikuti diklat prajabatan pada 2019. 

"Kalau kita melanggar aturan itu, sangat bersampak pada peserta CPNS yang lolos. Bahkan bisa terancam tidak diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS)," ungkap Halikinnor. 

Dengan adanya hal tersebut, pihaknya sangat bersyukur. Karena bisa melakukan secara mandiri dan pelaksanaannya pun bisa dijadwalkan sesuai dengan peraturan pusat. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru