Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Maret 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim gabungan gelar simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Simulasi itu merupakan rangkaian apel gabungan Hari Kesadaran Nasional dan Hari Kesiapsiagaan yang dilakukan di stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas pada Senin (11/3/2019).

Tim gabungan terdiri dari BPBD Kapuas, TNI, Polri, Manggala Agni, Tagana, Balakar 545, dan relawan pemadam kebakaran lainnya. 

Simulasi itu disaksikan oleh Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor dan undangan lainnya.

Adapun adegan simulasi itu berawal dari adanya sejumlah oknum warga yang melakukan pembakaran lahan di wilayah Kabupaten Kapuas, hingga menjalar dan terjadi kebakaran hebat. 

Akibatnya, warga sekitar berdatangan dan berusaha memadamkan api, namun sempat ada yang terkena luka bakar setelah berusaha memadamkan api dengan alat manual. Tidak lama tim kesehatan yang dipanggil tiba memberikan pertolongan.

Mendapatkan informasi terjadinya kebakaran lahan, membuat tim gabungan pemadam kebakaran dengan sigap ke titik lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman karhutla hingga berhasil padam. 

Sedangkan pihak aparat berwajib Polri dan TNI langsung bergerak dan menyelidiki pelaku pembakaran hingga bisa diamankan. 

"Kita harapkan dengan adanya simulasi ini tim karhutla mengetahui porsi tugas masing-masing. Sehingga apabila terjadi bencana seluruh pasukan dan peralatan tiba," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga kepada wartawan usai kegiatan. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru