Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Kelompok Wanita Tani sudah Rasakan Dampak Program KRPL

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Maret 2019 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara Dwi Harsini mengatakan, sejak adanya program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), sejumlah perempuan yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) sudah merasakan dampaknya.

"Sejak adanya program KRPL ini mereka anggota kelompok sudah merasakan hasilnya," ucap Dwi Harsini, Senin (11/3/2019).

Menurutnya, dampak yang bisa dirakan adalah terpenuhinya kebutuhan sayur keluarga dan bila hasil yang ditaman berlebih, dijual dan uangnya akan dimasukkan ke dalam kas untuk membeli bibit.

"Untuk demplot kalau ada lebihnya dapat dijual sehingga hasil penjualan untuk kas dan dimanfaatkan modal membeli bibit dan lainnya," tuturnya.

Dwi menambahkan, kelompok KRPL Penumbuhan harus memiliki aset untuk pengelolaan. Seperti rumah bibit sebagai demplot. Sehingga anggota kelompok bisa melakukan pengembangan tanaman sayur dan umbi-umbian.

"Untuk tahun ini ada enam KWT yang mendapat program KPRL. Yang mana untuk kelompok KPRL penumbuhan mendapat bantuan sebesar Rp50 juta dan KPRL pengembangan sebesar Rp15 juta," tuturnya. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru