KPU Kobar Mulai Sortir dan Lipat 907.148 Surat Suara Pemilu 2019

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Maret 2019 - 22:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 907.148 surat suara pemilu 17 April 2019 untuk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai disortir dan dilipat, Selasa (12/3/2019).

Ketua KPUD Kobar, Chaidir menargetkan penyelesaian sortir dan pelipatan surat suara ini adalah 10 hari terhitung dari hari ini.

"Untuk hari pertama ini yang bertugas melipat adalah 60 orang. Mungkin besok jumlahnya kita tambah hingga 100 orang, karena jumlah surat suara yang harus disortir dan dilipat hampir satu juta lembar. Nanti tenda, meja, dan tempat duduk petugas sortir dan pelipatan akan kita tambah. Rencananya H-5 pemilu logistik termasuk surat suara ini akan kita distribusikan melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK)," jelasnya.

Apakah dalam hari pertama ini sudah ada ditemukan surat suara yang rusak atau salah cetak? Chaidir mengiyakan.

"Namun hingga saat ini baru dua lembar yang kita temukan. Ada selembar surat suara yang ditemukan sudah robek dan ada yang cetakannya berada diposisi yang tidak sesuai. Surat suara yang rusak sudah kita amankan," imbuhnya.

Kemudian terkait masalah keamanan surat suara dalam proses sortir dan pelipatan? Chaidir memastikan prosesnya diawasi dengan sangat ketat oleh petugas kepolisian.

"Kita pastikan pengamanan sangat ketat dalam proses sortir dan pelipatan kotak suara ini. Petugas sortir dan pelipatan tidak diperkenankan membawa tas dan telepon ke lokasi pelipatan. Sebelum masuk dan meninggalkan lokasi pelipatan, mereka harus melalui proses periksa badan dulu oleh petugas. Selain itu lokasi pelipatan dan lingkungan KPUD Kobar juga dipantau oleh kamera CCTV," tegasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru