Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa Jangan Khawatirkan Pelaksanaan UNBK

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Maret 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Hj Mukarramah meminta siswa di Kota Cantik yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) agar tidak perlu khawatir.

"Saya dengar ada anak-anak yang khawatir dengan solusi membawa laptop sendiri saat UNBK untuk mengatasi kekurangan fasilitas seperti komputer. Anak-anak yang tidak punya laptop lalu khawatir. Saya katakan jangan khawatir," kata Mukarramah, Rabu (13/3/2019).

Meskipun banyak masalah, seperti kekurangan sarana pra sarana menurut Mukarramah, memang ada upaya antisipasi dengan misalnya anak-anak membawa laptop sendiri atau bisa mengikuti UNBK dengan menggunakan fasilitas yang ada di sekolah-sekolah SMA maupun SMP lain yang fasilitasnya ada.

"Kalau anak-anak yang tidak mempunyai itu ya tidak dipaksakan, sekolah bisa mencari jalan keluar yang lain yaitu misalnya dengan cara ikut di sekolah tetangga maupun SMA yang banyak bisa dipergunakan ya. Seperti di SMP Muhammadiyah itu mereka ikut ke SMA Muhammadiyah, di daerah-daerah lain juga semua bisa dilaksanakan UNBK yang SMP 'ngikut' ke SMA gitu. Yang memikirkan kan sekolah dan Dinas Pendidikan seperti apa metodenya jadi anak-anak tidak perlu cemas dan khawatir," tegas Politisi Nasdem ini.

Memang UNBK terutama di tingkat SMP di Palangka Raya tahun 2018 lalu memang menyisakan kekecewaan. Pasalnya hanya sekolah swasta di Kota Palangka Raya yang mampu melaksanakannya, sementara skeolah SMP/sederajat yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya tidak satu pun yang dapat melaksanakannya.

"Untuk UNBK ini kita sih inginnya semua sekolah bisa melaksanakan, gitu ya. Kalau tahun kemarin mungkin hanya beberapa sekolah, kita berharap tahun ini sudah lebih ya, dan kalau bisa semua sekolah sudah bisa melaksanakan," tegas Mukarramah. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru