Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sungai Sugih dan Lempuyang Bisa Tiga Kali Panen Padi dalam Setahun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Maret 2019 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah daerah terus berupaya meningkatan produksi padi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Bahkan saat ini tidak hanya di Sungai Sugih, Kelurahan Kota Besi Hulu, Kecamatan Kota Besi saja yang bisa panen tiga kali dalam setahun, namun juga Desa Lempuyang.

"Ada dua daerah yang sudah bisa melaksanakan tiga kali panen dalam setahun yakni Sungai Sugih, dan Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara, Rabu (13/3/2019).

Desa Lempuyang saat ini sudah ada 200 hektare lahan yang bisa melaksanakan panen padi tiga kali setahun. Sedangkan di Sungai Sugih ada 150 hektare. Hal itu sangat membantu produksi beras di daerah ini, karena akan bertambah banyak.

"Di tempat lain hanya dua kali panen saja dalam setahun, namun di Kotim sudah ada dua wilayah yang bisa tiga kali panen dalam setahun. Tentu ini akan berdampak positif terhadap produksi beras," katanya.

Dirinya berharap seluruh lahan pertanian di Desa Lempuyang yang luasnya mencapai 13 ribu hektare bisa melakukan tiga kali panen, sehingga membantu daerah untuk meningkatkan produksi beras.

Sementara itu keberhasilan petani di dua daerah tersebut melaksanakan tiga kali panen, karena mereka memanfaatkan teknologi pertanian dengan baik.

Bahkan semua tahapan mulai dari pengelolaan lahan, penanaman, panen, bahkan pengemasan dilakukan dengan peralatan.

"Hal itulah yang membuat daerah tersebut bisa tiga kali panen dalam setahun," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru