Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PJ Sekda Barito Selatan Minta Penyaluran Bansos Rastra Tepat Sasaran

  • Oleh Uriutu
  • 13 Maret 2019 - 22:52 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pj Sekda Barito Selatan, Syahrani meminta penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) bisa tepat sasaran.

"Karena Rastra ini diperuntukan bagi masyarakat miskin yang membutuhkan untuk mengurangi beban mereka sesuai dengan tujuan dari program ini," kata Syahrani saat membuka sosialisasi Bansos Rastra, Rabu (13/3/2019).

Dia mengatakan bantuan yang diberikan pemerintah tersebut dalam bentuk beras yang disalurkan setiap tiga bulan tanpa ada biaya tebus atau gratis. Dalam setiap bulannya setiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan 10 kilo gram.

Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan pangan ditingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial, dan penanggulangan kemiskinan.

Untuk itu dia meminta petugas yang mendata KPM yang akan mendapatkan bantuan ini agar memperhatikan supaya Rastra yang disalurkan tepat sasaran.

"Untuk setiap KPM yang masuk dalam daftar bansos rastra harus memuat informasi nama pasangan keluarga, nama kepala keluarga, nama anggota keluarga lainnya dan kode unik keluarga sebagaimana Daftar Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (DT-PPFM)," bebernya.

Dia menambahkan jumlah KPM penerima rastra pada 2019 di Barito Selatan 3.121 KPM tersebar dienam kecamatan. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru