Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beruang Berkeliaran di Permukiman Warga

  • 14 Maret 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor beruang berukuran seperti anjing dewasa berkeliaran di sekitar permukiman warga. Hal itu membuat warga yang tinggal di sekitar wilayah Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terkejut.

"Kemarin saya terkejut ada beruang melintas di depan saya. Saat itu saya sedang menelpon di depan perumahan," ucap Winarto, warga Jalan Mentaya Raya, Kamis (14/3/2019).

Melihat hal itu, pria yang akrab disapa Wiwin itu pun melaporkannya ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit. Beruang yang diperkirakan jenis beruang madu ini kerap kali muncul di balik semak-semak di dekat permukiman tersebut.

"Saya takutnya beruang itu melukai warga sekitar sini. Beruang memang tidak mengganggu, tapi kalau dia (beruang) merasa terancam maka dia akan mempertahankan dirinya atau menyerang warga," tutur Wiwin.

Selain itu, di permukiman warga juga kerap kali muncul ular king kobra dan baru-baru ini pihak penjaga kompleks perumahan tersebut menangkap satu ekor musang sebesar kucing dewasa.

"Kemarin kami menangkap musang. Ular kobra dan piton juga ada. Adanya hewan liar di daerah sini langsung kami laporkan ke BKSDA agar segera ditangkap," tukas pria berusia 60 tahun itu. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-2)

Berita Terbaru