Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Pos Jaga Sampit Pasang Perangkap Beruang

  • 14 Maret 2019 - 14:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memasang perangkap besi setelah mendapat laporan adanya beruang berkeliaran di sekitar permukiman warga di Jalan Mentaya Raya, Kelurahan Baamang Barat.

"Kami menindaklanjuti laporan warga. Perangkap yang terbuat dari besi dengan umpan buah cempedak sudah kami pasang di sekitar semak-semak. Semoga saja beruang madu itu cepat tertangkap," ucap Muriansyah, Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Kamis (14/3/2019).

Diperkirakan beruang madu berumur remaja itu masih berada di dalam semak-semak di sekitara permukiman tersebut. Tidak menutup kemungkinan jika beruang endemik Pulau Kalimantan ini merupakan hewan peliharaan warga yang lepas.

"Kuat kemungkinan jika beruang yang berkeliaran itu adalah hewan peliharaan yang terlepas. Karena daerah sini jauh dari hutan. Kemungkinan beruang liar sangatlah kecil," jelas Muriansyah saat dibincangi Borneonews.co.id.

Muriansyah juga mengatakan jika di Bumi Habaring Hurung ini sangat sulit ditemui beruang madu. Beruang tersebut sudah masuk dalam kategori langka dan dilindungi. Beruang madu memiliki ukuran yang sangat kecil dengan cakar kuku yang tajam. Berkurangnya jumlah beruang di Kotim karena habitat aslinya yang sudah rusah rusak. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-2)

Berita Terbaru