Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PSK yang Dipulangkan Harus Punya Keterampilan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Maret 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pekerja Seks Komersial (PSK) yang ada di Palangka Raya rencananya akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing setelah agenda penutupan lokalisasi yang ditarget selesai tahun ini dilaksanakan.

"Mereka ini harus diperkuat dengan diberikan pelatihan dan keterampilan, seperti menjahit, salon, memasak atau katau bentuk lainnya, yang nantinya menjadi modal awal untuk melakukan perubahan hidup," kata Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti, Kamis (14/3/2019).

Harus diakui, tambah Alfian, rencana penutupan lokalisasi ini tentu tidak lepas ketika pemerintah daerah berbicara soal kemanusian terutama nilai-nilai sosial kehidupan.

"Memang aturan tetap dilaksanakan, namun harus mempertimbangkan azas lainnya, terutama nilai-nilai manfaat. Intinya kita setuju adanya penutupan lokalisasi ini, namun jangan sampai berdampak pada sosial kemanusian," kata Politisi Partai Gerindra ini.

Untuk Provinsi Kalteng sendiri kata Alfian, akan ada beberapa daerah yang diharuskan menindaklanjuti instruksi Kemensos terkait penutupan lokalisasi tersebut, salah satunya lokalisasi di Kota Palangka Raya.

"Jika rencana pemerintah kota Palangka Raya untuk menutup lokalisasi sebagai tindak lanjut dari program Indonesia bebas lokalisasi prostitusi di tahun 2019, kita harus dukung itu," tambah Alfian. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru