Bupati Seruyan: Pemilik Ternak Harus Kandangkan Hewan Peliharaan

  • Oleh Farizan Iftikar
  • 14 Maret 2019 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan, Yulhaidir mengimbau kepada siapa saja yang memiliki hewan ternak agar bisa mengandakan peliharaannya.

Imbauan ini disampaikan saat menghadiri acara panen perdana di Desa Kartika Bakti, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kamis (14/3/2019).

Dirinya sering mendapatkan keluhan dari warga terhadap hewan ternak jenis sapi yang merusak lahan pertanian warga.

"Tadi kita dengar bersama kalau petani mengeluhkan seringnya sapi yang masuk ke sawah milik mereka dan merusak lahan pertanian milik warga," ujarnya.

Menurut keterangan yang didapat hingga sekarang belum diketahui siapa pemilik sapi tersebut. Petani hanya bisa mengusir sapi yang telah merusak sebagian lahan pertanian milik warga.

"Saya imbau kepada siapa saja yang merasa memiliki hewan ternak dan dilepas liarkan di tempat umum harap segera dikandangkan. Jika tidak maka akan dikenakan sanksi tegas seperti didenda dan terburuknya hewan ternaknya boleh disembelih karena dianggap hewan liar, tapi juga saya ingatkan bagi warga yang merasa dirugikan akibat hewan ternak yang dilepasliarkan. Jika ingin mengambil tindakan diharap melibatkan aparat berwajib agar hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya. (FARIZAN/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru