Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Timur Mulai Sortir Surat Suara

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 15 Maret 2019 - 06:54 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur mulai menyortir  dan melipat surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, untuk DPR RI, DPRD Provinsi Kalteng Dapil 4 dan surat suara DPRD Kabupaten Bartim dapil 1, 2 dan 3.

“Surat suara presiden dan wakil presiden dan DPD RI belum didistribusikan. Rencana akan dikirim pada gelombang berikutnya antara 16-17 Maret 2019,” ucap Ketua KPU Bartim Andy Amyanu Gandrung di sela penyortiran surat suara, Kamis (14/3/2019).

Ia menuturkan, petugas yang terlibat dalam penyortiran dan pelipatan dari pihak sekretariat KPU Bartim yang semuanya sudah diberi pelatihan.

“Sesuai jadwal selama 21 hari kedepan semua surat sudah selesai disortir, apabila petugas yang ada tidak sanggup dapat menambah petugas untuk dapat tepat waktu,” akunya.

Ia menyampaikan, selama proses penyortiran mendapatkan pengamanan dan penjagaan dari aparat kepolisian dan TNI, termasuk dari jajaran Bawaslu.

Ia menjamin proses penyortiran berjalan lancar, setiap petugas yang akan menyortir akan diperiksa identitasnya terlebih dahulu, termasuk dilarang membawa kamera dan telepon seluler.

"Kami periksa satu-satu, jadi kami jamin tidak akan ada surat suara yang dibawa keluar," ucapnya.

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendi menyatakan, pihaknya menyiagakan personel pengamanan selama proses pelipatan surat suara, pendistribusian hingga pengawalan sampai pemilu selesai.

“Saat ini petugas keamanan sudah ditambah, terutama di gudang logistik personel sudah ditambah dua kali lipat, dan aera gudang juga sudah ditambah 8 CCTV,” ungkapnya. (PRASOJO/B-5)

Berita Terbaru