Inilah Tujuan Bantuan Dana BOS dan BOSDA

  • Oleh Ramadani
  • 15 Maret 2019 - 18:22 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Masdulhag menerangkan tujuan pemberian bantuan dana dari pemerintah pusat atau daerah berupa bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA) untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu.

Selain itu untuk menuntaskan para peserta didik pada program wajib belajar 9 tahun. Kemudian siswa diharapkan bisa memperoleh pendidikan yang bermutu, sasaran program BOS dan BOSDA seluruh siswa SD dan SMP baik sekolah negeri maupun swasta. Mengurangi angka putus sekolah, meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

“Mewujudkan keberpihakan pemerintah pusat bagi peserta didik yang orangtuanya tidak mampu,” terangnya. Untuk itu dinas pendidikan melakukan sosialisasi penggunaan dana BOS, BOSDA, dan PIP bagi kepala sekolah dan bendahara.

Tujuan sosialisasi ini untuk perubahan pola pikir dan kemampuan kepala sekolah maupun bendahara dalam mengelola biaya operasional yang dianggarkan pada APBN maupun APBD.

“Sehingga dalam penyelesaian semua laporan pertanggungjawaban (Lpj) keuangan tidak ditemukan kesalahan lagi,” katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru