Ini Kelebihan K13 Dibandingkan KTSP Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Maret 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kurikulum 2013 atau biasa disebut dengan K13 yang diberlakukan secara bertahap sejak 2013 ini sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ternyata memiliki beberapa kelebihan dibanding kurikulum sebelumnya tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas ilham Anwar bahwa ada beberapa keunggulan kurikulum 2013,

Di antaranya siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah.

"Kemudian munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua program studi, sehingga ini penting bagi perkembangan murid," ucap Ilham, Jumat (15/3/2019).

Terlebih lagi, menurut Ilham di dalam K13 itu adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, sehingga akan menjadi pedoman ataupun acuan dalam dunia pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas dimana semua sekolah tingkat dasar telah menerapkannya.

"Itu maaih sebagian keunggulannya, dimanamasih banyak lagi kelebihan lainnya," katanya.

Untuk itulah, dirinya berharap kepada pihak sekolah-sekolah dapat menerapkan K13 dengan baik. "Sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan optimal," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru