Jajaran Kodim 1011/Kuala Kapuas Sosialisasikan Penerimaan Prajurit

  • Oleh Tim Borneonews
  • 15 Maret 2019 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Koramil 1011-09/Timpah naungan Kodim 1011/Kuala Kapuas, mengadakan sosialisasi pendaftaran calon tamtama, calon bintara, dan akademi militer TNI AD di SMAN 1 Timpah, Jumat (15/3/2019).

Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Krisitianto Bawono mengatakan, kegiatan itu dilakukan supaya siswa mengetahui gambaran dan langkah untuk menjadi prajurit TNI. Sehingga mereka mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang penerimaan prajurit TNI.

Dengan begitu, siswa yang ingin menjadi prajurit TNI dapat mempersiapkan diri, baik itu dari segi ilmu pengetahuan, mental, maupun fisik.

Ia kemudian menjelaskan persyaratan secara umum pendaftaran menjadi calon prajurit TNI. Syarat tersebut di antaranya memiliki Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) sesuai dengan jenjang pendidikan yang dibutuhkan, warga negara Indonesia, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak cacat kriminalitas, dan tidak kehilangan hak menjadi prajurit.

Sementara itum Danramil 1011-09/Timpah Letda Inf Tukirin saat memberikan penjelasan kepada para siswa, menyampaikan bahwa penerimaan calon prajurit TNI AD dalam jenjang pendidikan apapun sama sekali tidak dipungut biaya.

Oleh karena itu, siswa yang berminat menjadi anggota TNI agar berhati - hati dan tidak mudah percaya bila ada oknum yang menjanjikan kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

Adapun tes fisik yang akan dihadapi untuk masuk sebagai prajurit TNI terdiri dari, kesegaran A yakni lari dan kesegaran B meliputi sit up, pul up, push up, dan shuttle run. Kesemuanya harus dilaksanakan dan harus mendapat standar nilai yang telah ditentukan.

Dalam pelaksanaan kegiatan itu, siswa SMAN 1 Timpah sangat antusias. Salah seorang siswa atas nama Lisa, 18, menyampaikan terima kasih atas sosialisasi yang diberikan.

"Sehingga kami jadi mengetahui tentang gambaran mendaftar menjadi TNI. Apalagi cita-cita saya dari kecil ingin menjadi kowad," tuturnya (RO/B-3)

Berita Terbaru