Dinas PMD Berupaya Tingkatkan Kemampuan Perempuan di Perdesaan

  • Oleh Epra Sentosa
  • 16 Maret 2019 - 13:38 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Mas (PMD Gumas) berupaya tingkatkan kemampuan perempuan di perdesaan dalam memanfaatkan sumber daya alam (SDA).

Selain mengurus rumah tangga, kaum perempuan juga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Dengan cacatan tidak mengabaikan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan kaum perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas Yulius Agau mengharapkan, para perempuan yang ada di perdesaan juga kreatif memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada di desa. Sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

"Perlu dipikirkan dan diupayakan inovasi dalam membentuk kemampuan, semangat, dan sikap perempuan di perdesaan. Sehingga nantinya menunbuhkan kemandirian dalam memanfaatkan SDA," kata Yulius Agau.

Dia menyatakan, dalam upaya meningkatkan dan mendorong perempuan di perdesaan di wilayah Kabupaten Gumas supaya lebih kreatif memanfaatkan SDA. 

Beberapa hari lalu Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas melaksanakan sosialisasi peningkatan peran perempuan di pedesaan dalam bidang ekonomi produktif.

"Kegiatan sosialisasi yang dilakukan merupakan upaya untuk memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan perempuan di perdesaan, sehingga lebih kreatif dan memanfaatkan SDA yang ada di lingkungannya," ujar dia.

Yuliaus Agau melanjutkan, bila nantinya perempuan di perdesaan mampu memanfaatkan SDA yang ada di desa masing-masing akan berdampak positif untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat pun bisa sejahtera. (TIM/B-2)

Berita Terbaru