Air Terjun Bukit Arahan Belum Terkelola Maksimal 

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Maret 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Air terjun bukit arahan yang berlokasi di Desa Semantun, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara saat inibelum terkelola secara maksimal. Meskipun begitu, masyarakat masih ramai berkunjung ke lokasi tersebut untuk refreshing atau sekadar mandi-mandi.

"Air terjun arahan adalah salah satu wisata yang dapat menjadi daya tarik warga lain untuk berkunjung ke Desa Semantun," ucap Untur warga desa setempat, Sabtu (16/3/2019).

Menurut dia, air terjun tersebut saat ini masih belum terkelola secara maksimal, lokasinya yang berada di dalam hutan tersebut cukup diminati masyarakat.

"Untuk sekarang keberadaan air terjun ini hanya dimanfaatkan oleh warga dan masyarakat Kabupaten Sukamara yang berkunjung ke lokasi. Padahal potensi air terjun tersebut cukup memiliki daya tarik untuk bisa dikelola dan dikembangkan sebagai salah satu objek pariwisata," ujar Untur. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara Karyono mengatakan, pihaknya akan mengelola air terjun pada tahun 2020 mendatang. Saat ini pihaknya masih fokus mengembangkan wisata pantai.

"Rencana di 2020 nanti kita mulai mengembangkan wisata air terjun, karena saya juga ingin air terjun ini dikelola," kata Karyono.

Karyono melanjutkan, hal-hal yang perlu dilakukan saat ini adalah mengusahakan kepemilikan lahan tersebut dan membuat akses jalan masuk menuju lokasi.

"Jika lahan sudah dimiliki, kita akan membuat akses jalan masuk, sehingga untuk menuju air terjun tidak terlalu jauh dan nyaman," imbuh Karyono. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru