Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Bagian Atas Drainase Manfaatkan untuk Pejalan Kaki

  • Oleh Naco
  • 17 Maret 2019 - 10:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hary Rahmad Panca Setia menghendaki agar setelah pembenahan drainase dalam Kota ini nantinya, bagian penutupnya dijadikan trotoar untuk pejalan kaki.

Sehingga jangan sampai trotoar dijadikan lahan parkir atau sejenisnya. Karena itu adalah jalur untuk pejalan kaki yang harus disiapkan oleh pemerintah daerah.

"Kami minta agar trotoar dimanfaatkan untuk pejalan kaki dan jangan sampai dijadikan parkir dan lain sebagainya," kata politisi Partai Hanura itu, Minggu (17/3/2019).

Dia melihat selama ini hak pejalan kaki masih diabaikan. Padahal, di satu sisi pemerintah gencar menyuarakan Kota Sampit sebagai tujuan wisata. Tentunya wisawatan biasanya lebih senang berjalan kaki untuk menikmati suasana kota.

Menurutnya, masyarakat dan pelaku usaha harus diberikan edukasi agar jangan menggunakan trotoar tadi. Dengan begitu tatanan Kota Sampit akan terkesan ramah untuk pejalan kaki.

"Saya lihat sering mereka yang berjalan kaki harus menggunakan badan jalan, sementara lalu lalang kendaraan sangat padat tentu itu sangat berbahaya," tegasnya.

Trotoar itu tidak hanya bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin berjalan kaki saja, namun juga bisa digunakan untuk masyarakat yang rutin melakukan olahraga lari sehingga tidak lagi harus menggunakan badan jalan seperti yang sering dilakukan saat ini.

"Kalau mau jalan kaki, lari-lari bisa menggunakan trotoar itu selain sebagai tempat bagi mereka, itu juga sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi mereka dalam berjalan kaki dan berolahraga," tegasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru