Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Juz Jambe Akan Dipasarkan di Kalangan Umum 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Maret 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Juz jambe yang diolah dengan bahan campuran untuk menambah stamina masih dikenalkan dalam kalangan terbatas.

Namun, Yusmanson, PNS Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng yang membuat juz itu berencana memasarkan ke kalangan umum.

"Saat ini, baru kita promosikan di pameran-pameran saja. Memang tujuannya nanti kesana (dijual ke kalangan umum). Mungkin ke depan bisa di bundaran besar, seminggu sekali," ucap Yusmanson, Sabtu (16/3/2019) malam.

Meski masih terbatas, temuan juz buah jambe yang biasa untuk menginang itu sudah berlangsung sejak lama. Setiap kali ditampilkan dalam pameran, juga selalu ramai pengunjung.

Bahkan banyak yang mencoba dan menyebut rasanya nikmat walaupun sempat berasumsi akan terasa aneh.

Jambe yang diolah menjadi juz itu merupakan buah jambe yang masih muda. Hanya bagian dalamnya yang diambil. Bahan campurannya yaitu jahe, susu, telur, madu, jeruk nipis, kayu manis, gula aren dan dikasih sedikit garam. 

"Pengolahannya dikasih formula yaitu jahe kita rebus sama dengan kayu manis dan gula aren. Kemudian dikasih garam sedikit. Lalu pinang dibelah dan dijuz," ungkapnya.

"Ukurannya lima pinang satu telor bagian kuningnya. Terus dikasih jeruk nipis. Diblender kemudian dimasukan formula itu," imbuhnya.

Ia menambahkan, ramuan herbal tersebut berkasiat menambah stamina. Kalau untuk laki-laki, salah satunya bisa sebagai obat kuat. Sedangkan perempuan, bisa menghilangkan keputihan termasuk untuk sari rapet.

Saat ini, pembuatan juz itu masih dipamerkan dalam Gelar Karya Kalteng di arena pameran Jalan Temanggung Tilung, Palangka Raya. Gelar tersebut akan berakhir pada Rabu (20/3/2019). (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru