Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Bina Perempuan di Perdesaan

  • Oleh Naco
  • 18 Maret 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Sinar Kamala minta pemerintah kabupaten membina perempuan di perdesaan. 

"Pembinaan ini bisa dilakukan melalui organisasi PKK yang ada di setiap desa. Dengan begitu perempuan di desa juga tidak ketinggalan," kata Sinar Kamala, Senin (18/3/2019).

Dengan adanya pembinaan dari pemerintah, diharapkan perempuan di perdesaan bisa lebih kreatif. Sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

Sinar Kamala merasa prihatin banyak  perempuan di desa juga berperan sebagai tulang punggung keluarga. Bahkan porsi kerjanya sama dengan laki-laki.

Perempuan di perdesaan selain mengurus anak, suami, dan rumah tangga juga dibebani masuk keluar hutan.

Untuk itulah diperlukan adanya pembinaan. Pembinaan yang perlu diberikan terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di sekitar mereka.

Perempuan perdesaan perlu diberikan keterampilan. Seperti mengolah bahan baku rotan menjadi kerajinan atau ikan menjadi berbagai jenis bahan makanan.

Sinar mengatakan, bahan baku rotan dan ikan hampir selalu ada di setiap desa. Bahkan di beberapa desa ada yang melimpah. Namun belum dimanfaatkan dengan baik. Sehingga banyak yang terbuang sia-sia. (NACO/B-3)

Berita Terbaru