Tahun ini UN dan UAS tingkat SMA Sederajat Berbasis Komputer

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Maret 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Mulai tahun ini, pelaksanaan ujian nasional (UN) dan ujian akhir sekolah (UAS) untuk tingkat SMA, SMK, dan MA, di Kabupaten Lamandau sudah berbasis komputer.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  Lamandau melalui Kasubag Tugas Pembantuan Nanang, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/3/2019) 

"Kalau sebelumnya masih ada sekolah yang ujiannya manual atau berbasis pensil kertas, tahun ini tidak ada lagi. Semuanya, baik UN maupun UAS, di Lamandau sudah menggunakan komputer," ungkapnya. 

Nanang menyebut, bagi beberapa sekolah belum memiliki sarana dan prasarana penunjang, seperti komputer dan jaringan internet, mereka wajib menumpang di sekolah lain yang sudah memadai dan lengkap sarananya. 

"Di Kabupaten Lamandau, untuk sekolah menengah atas setidaknya ada 21 sekolah penyelenggara UN, yakni 11 SMA, 9 SMK, dan 1 MA. Rata-rata setiap sekolah sudah siap menggelar ujian berbasis komputer," jelasnya.

UN tingkat SMA akan dilaksanakan pada 1-8 April 2019. Sedangkan UAS pada 15-22 Maret mendatang. Sementara itu, UN tingkat SMK, dilaksanakan pada 25-28 Maret. Baru setelah itu mereka melaksanakan UAS. 

Nanang juga menegaskan bahwa pada tahun ini, Disdikbud Lamandau tidak mengadakan try out. Namun, pemkab mempersilakan sekolah melaksanakan uji coba secara mandiri sesuai ketentuan yang ada. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru