Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2.000 Surat Suara DPRD Provinsi Kalimantan Tengah di Barito Selatan Ditemukan Rusak

  • Oleh Uriutu
  • 18 Maret 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sekitar 2.000 surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah di Barito Selatan ditemukan rusak.

“Berdasarkan hasil proses pelipatan, sortir, dan hitung surat suara DPRD Provinsi Kalteng, ditemukan sekitar 2.000 surat suara tidak layak digunakan,” kata Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin, Senin (18/3/2019).

Dia mengatakan, hal tersebut ditemukan setelah proses pelipatan, sortir dan hitung surat suara yang berlangsung selama tiga hari selesai dilaksanakan.

Kerusakan tersebut, karena warnanya tidak sesuai. Seharusnya warna biru, namun di surat suara yang dinyatakan rusak, berwana keungu-unguan.

Surat suara yang rusak tersebut sudah dipisahkan dan akan disortir ulang. Pihaknya juga akan mengecek masih ada atau tidaknya yang layak dipakai.

“Surat suara yang tidak layak digunakan ini akan segera kita laporkan ke KPU RI,” beber dia.

Sementara itu, dasar proses pelipatan , hitung dan sortir surat suara diatur dalam petunjuk teknis dari KPU RI nomor 1226/2018. Dalam juknis tersebut, baik sobek dan warna tidak sesuai sudah diatur. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru