Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Siap Bangun Pelabuhan Ekspor di Kotawaringin Barat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Maret 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyatakan kesiapannya untuk membangun pelabuhan ekspor di Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Hal ini disampaikan gubernur saat acara pelepasan ekspor 37 ribu metrik ton komoditi RBD-Olein PT Citra Borneo Utama (CBU) dengan nilai Rp300 miliar ke Cina, Senin (18/3/2019).

"Harapannya pelabuhan ekspor nanti bisa memacu pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah. Untuk mewujudkan cita-cita ini kami akan menindaklanjuti keinginan ini kepada pemerintah pusat," jelasnya.

Menurut gubernur selama ini sudah banyak ekspor yang dilakukan oleh Kalteng. "Tapi dalam pelaksanaanya proses ekspor harus melalui pelabuhan di daerah lain, sehingga merugikan daerah. Jadi solusinya perlu dibangunnya pelabuhan ekspor di Kalteng," imbuhynya.

Namun walau keinginan membangun pelabuhan ekspor sangat besar, tapi harus dilakukan secara hati-hati dan penuh perhitungan.

"Terlebih pemerintah pusat memiliki rencana memindahkan pusat pemerintahan Indonesia ke Palangka Raya, sehingga pembangunan pelabuhan ekspor tidak bisa dilakukan sembarangan. Tapi perlu kajian mendalam, sehingga keberadaannya bisa memberikan manfaat kepada daerah," sebutnya.

Menurut gubernur rencana pembangunan tersebut akan diusulkan dalam waktu segera sehingga harapannya di 2021 pembangunannya sudah bisa dimulai.

"Bila pembangunan pelabuhan trrsebht terealisasi, Pemprov Kalteng bakal melakukan pengerukan kawasan perairan di sekitarnya, sehingga perairan tersebut bakal dilintasi kapal besar hingga bisa masuk dan berlabuh. Apakah pembangunan pelabuhan dilakukan langsung di kawasan muara yang berhadapan laut atau sungai akan ditentukan melalui kajian teknis," tandasnya. (YUDA/B-6/Adv)

Berita Terbaru