Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang HUT Kapuas, Pemkab Gelar Ritual Adat Pakanan Sahut Lewu

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Maret 2019 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Menjelang hari jadi ke 213 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 68 Pemerintah Kabupaten Kapuas yang jatuh pada tanggal 21 Maret mendatang, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas menyelenggarakan acara Ritual Adat Balian Pakanan Sahut Lewu.

Acara adat itu dilaksanakan oleh Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan, bertempat di Balai Basarah Panampung Penyang Jalan Melati Kota Kuala Kapuas.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor dan memulai kegiatan itu ditandai dengan pemukulan katambung disaksikan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kapuas Vitrianson, Perwakilan Forkopimda, segenap Kepala Perangkat Daerah, Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana, Safuani menjelaskan, acara ritual tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari 18 sampai dengan 21 Maret 2019 dengan rangkaian acara adat, salah satunya Balian, Memapas Lewu, Laluhan dan Ngarunya.

"Sehingga diharapkan ini juga sebagai salah satu cara kita dalam menjaga dan melestarikan budaya," ucap Safuani kepada wartawan, Selasa (19/3/2019).

Sementara itu, Tokoh Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kapuas Sulatin menjelaskan, ritual tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan  yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kapuas setiap tahunnya.

"Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan diharapkan masyarakat Kabupaten Kapuas dapat hidup tentram, jauh dari marabahaya, sejahtera, rukun dan damai," singkatnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru