Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemungutan Suara 17 April Tahap Paling Menentukan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Maret 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemungutan suara dalam pemilihan presiden dan legislatif pada 17 April 2019 ini disebut sebagai tahap paling menentukan.

Hal ini disampaikan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palangka Raya, Murni D Djinu terkait kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah dan KPU Kota Palangka Raya beberapa hari lalu.

"Justru pada 17 April pemungutan suara ini adalah tahap yang paling menentukan," kata Murni, Selasa (19/3/2019).

Namun pada momen simulasi ini menurut Murni, akan bisa tergambar prosesnya pemilu melalui prosentase kehadiran pemberi suara.

"Kemudian juga prosentase suara yang tercoblos juga akan tergambar, kemudian salah coblos, dan lain-lain, bisa dievaluasi," jelasnya.

Di situ pada akhirnya penyelenggara Pemilu menurutnya, bisa menentukan sukses tidaknya pemilu baik di tingkat TPS, tingkat Kelurahan, Kecamatan, sampai ke tingkat nasional.

Sebelumnya, Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim menyampaikan sambutannya dalam pemilihan ini dilaksakanan di tempat pemungutan suara (TPS) 420 yang didirikan di spot Taman Pasuk Kameloh.

"Ini riil TPS 420, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut. Dan saat hari pemilihan umum nanti benar-benar TPS ini ada dan digunakan oleh 214 pemilih yang sudah masuk dalam DPT," terangnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru