Polres Kobar Simulasikan Proses Pengamanan Tahapan Pemilu 2019

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Maret 2019 - 16:14 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Sebagai persiapan untuk mengamankan pemilu 2019, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) bakal menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Simulasi rencananya digelar di Lapangan Sampuraga, Kota Pangkalan Bun, Rabu (20/3/2019).

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain Sirait, Selasa (19/3/2019) siang, menyaksikan jalannya untuk sebagai persiapan simulasi.

"Ada 13 adegan yang bakal ditampilkan dalam simulasi yang digelar besok. Jadi pengamanan tersebut disimulasikan terjadi permasalahan antarpendukung kontestan pemilu. Kemudian disimulasikan apa dan bagaimana yang harus dilakukan oleh aparat keamanan untuk mencegah permasalahan tersebut? Supaya tidak semakin membesar dan mengakibatkan bentok massa," tutur Kapolres.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polres Kobar Kompol Todoan Gultom menjelaskan seluruh adegan yang ditampilkan dalam simulasi sispamkota.

"Jadi kita akan menggambarkan bagaimana tugas pengamanan sejak kampanye pemilu, pendistribusian kotak suara, penghitungan suara hingga tahapan akhir yaitu rapat pleno penetapan hasil akhir pemilu," ujarnya.

Dalam adegan puncak yaitu adegan 13, nantinya bakal disimulasikan bahwa terjadi situasi yang memanas dan berpotensi rusuh.

"Untuk lebih jelasnya akan kita tampilkan dalam kegiatan simulasi besok. Apa saja upaya yang  kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar tidak semakin meluas," pungkasnya. (KRIDA/B-3)

Berita Terbaru