Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati dan Wabup Lamandau Hadiri Audiensi Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Maret 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati dan Wakil Bupati Lamandau Hendra Lesmana-Riko Porwanto menghadir audiensi dan publikasi penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi yang diselenggarakan Kantor Pajak Pratama Pangkalan Bun di Aula Setda Lamandau, Rabu (20/3/2019).

Selain Bupati dan Wabup, kegiatan itu juga dihadiri kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Lamandau.

Dalam kesempatannya, Bupati Hendra Lesmana mengungkapkan bahwa audiensi tentang perpajakan baik SPT maupun PPh Orang Pribadi, sangat penting dalam rangka menambah pengetahuan tentang proses, tahapan-tahapan, serta perhitungan dalam laporan SPT Tahunan dan PPh pribadi.

Di hadapan Kepala Kantor Pajak Pratama Pangkalan Bun, Artiek Purnawestri, Bupati juga mengakui bahwa audiensi tersebut sangat penting khususnya untuk aparatur sipil negara (ASN). Karena selaras dengan amanat dari Kementerian Pendayaguanaan Aparatur Negara. Di mana ASN diwajibkan menyampaikan SPT Tahunan secara online melalui e-filing.

"Untuk itu, kami berharap agar audiensi ini, petugas dari kantor pajak dapat memberikan pemaparan selengkap-lengkapnya agar peserta yang hadir mendapatkan penjelasan yang lengkap dan dapat dimengerti," ujarnya.

Bupati juga mengakui bahwa hingga kini masih ada kendala dan kesalahpahaman tentang kewajiban pembayaran pajak ASN dengan sistem e-filing. Di antaranya masih ada anggapan bahwa kewajiban pembayaran pajak kerap dinilai merupakan kewajiban bendahara.

"Padahal membayar PPh dan melaporkan penghasilan yang telah diterima dan diperoleh wajib pajak dalam satu tahun pajak melalui SPT Tahunan PPh orang pribadi adalah kewajiban perpajakan yang harus dilakukan oleh wajib pajak yang telah memiliki NPWP," tuturnya. (HENDI NURFALAH/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru