Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Kosong di Jalan Jenderal Sudirman Diduga Sengaja Dibakar

  • 20 Maret 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan kosong di Jalan Jendral Sudirman Km 2, Kelurahan MB Hulu, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diduga sengaja dibakar.

"Luasan lahan yang terbakar sekitar 60x40 meter persegi. Dari hasil penyelidikan sementara ini diduga karena dibakar dengan sengaja. Lahan yang terbakar ini hanya satu kavling ini saja," ucap Rihel, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kotim, Rabu (20/3/2019).

Lahan yang berada di pinggir jalan lintas provinsi itu milik perorangan yang hendak dijual. Hal itu terlihat dengan adanya plang bertulisan dijual yang ada dilahan tersebut. 

Sementara ini, upaya yang dilakukan oleh pihak Disdamkar dan Penyelamatan serta BPBD Kotim adalah melakukan pemadaman.

"Musim seperti sekarang ini adalah musim pancaroba. Disinilah kesempatan oknum untuk membersihkan lahannya dengan cara dibakar. Rumput ditebas lalu dibakar dan tidak dijaga hingga merembet dan menimbulkan kebakaran," jelas Rihel saat ditemui Borneonews.co.id di lokasi kejadian.

Sejauh ini, api sudah dipadamkan dan dilakukan pendinginan. Namun lahan tersebut akan dipantau kembali agar tidak kembali terbakar. 

Sebab, lahan tersebut memiliki tekstur tanah gambut. Dimana tanah gambut mempunyai tingkat kekeringan yang cukup tinggi dengan serabut di dalamnya sehingga mudah terbakar.

"Akan kami pantau lagi nanti. Takutnya ada api di dalam tanah yang sewaktu-waktu bisa muncul lagi dan menimbulkan kebakaran," tukas Rihel. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-2)

Berita Terbaru