Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Ingatkan Bahaya Rentenir Berkedok Koperasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Maret 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap Rentenir yang berkedok sebagai koperasi.

Modus koperasi rentenir ini biasanya terang-terangan dengan membawa misi koperasi simpan pinjam dengan sasaran para pedagang kecil-menengah.

“Saya akan meminta Dinas Koperasi dan UKM untuk melakukan penyisiran. Koperasi mana saja yang benar-benar menjalankan fungsi koperasi dan koperasi mana saja yang melanggar ketentuan dalam perkoperasian,” ujar Umi, Rabu (20/3/2019).

Menurut Umi, koperasi sejatinya berdiri dengan azas kekeluargaan dengan tujuan akhir adalah menyejahterakan anggota koperasinya. 

Jika ada koperasi yang bidang usahanya sebut saja pinjam meminjam uang dengan bunga tinggi tanpa mengacu pengenaan bunga yang dipersyaratkan, maka dinilai telah melanggar ketentuan.

  
“Jika ada yang tidak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku tentang perkoperasian harus ditindak tegas, bahkan bisa dikenai sanksi pidana,” tegas Umi. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru