Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain UNBK, Tahun Ajaran 2020 Kobar Bakal Menggelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Maret 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya tahun ajaran 2020 mendatang di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal digelar Ujian Sekolah Nasional Berbasis Komputer (USBK) tingkat SMP/MTs.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar Rosihan Pribadi, Rabu (20/3/2019) menjelaskan, USBK ini digelar sebagai upaya 

meningkatkan mutu pendidikan para pelajar khususnya dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Untuk ketersediaan sarana prasarana komputer guna pelaksanaan USBK, sekadar diketahui, di Kabupaten Kobar saat ini sudah ada 53 sekolah yang telah melaksanakan UNBK yang tentunya unit komputer tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sarana USBK," jelas Rosihan.

Nantinya, menurut Rosihan, secara bertahap setiap tahun pihaknya akan selalu meningkatkan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK dan USBK.

"Dalam pelaksanaan USBK tingkat SMP /MTs yang rencananya digelar tahun 2020 ini, dalam hal materi ujian kami bekerjasama dengan pusat. Jadi dari kami di daerah memberikan materi ujian sebesar 75 persen dan pusat sebesar 25 persen atau sebaliknya guna memperkaya soal ujian sekolah," jelas Rosehan Pribadi. 

Rosihan menjelaskan, USBK digelar dengan tujuan efisiensi waktu bila nanti pelajar tersebut mengikuti UNBK.

"Serta sebagai persiapan ketrampilan peserta didik dalam mengenal Ilmu Teknologi yang kaitannya dengan mengerjakan UNBK. Selain itu pelaksanaan USBK untuk mengetahui persiapan sarana dan prasarana seperti laptop, komputer maupun servernya," jelas Rosihan. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru