Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Terima Hasil Pemilu, Massa Demp  KPU Katingan 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Maret 2019 - 07:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gara-gara tak terima hasil pemilu, sekelompok massa melakukan aksi demo ke kantor KPU Kabupaten Katingan.

Sekelompok massa ini tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil hasil penghitungan suara dan menuntut pemilihan ulang.

Dalam aksi demo ini sempat terjadi ketegangan antara massa dengan aparat kepolisian yang berjaga di depan Kantor KPU.

Jumlah massa yang semakin banyak dengan aksi semakin beringas membuat petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terarah, dengan menghadirkan tim dalmas Polres Katingan beserta tim pengurai masa, yang kemudian berhasil memukul mundur massa hingga membubarkan diri dari kantor KPU.

Namun karena ketidakpuasan, massa yang membubarkan diri melakukan  kerusuhan di Kota Kasongan, dengan merusak fasiltitas umum,  objek vital, kantor pemerintahan dan menjarah pertokoan dengan aksi yang anarkhis.

Sehingga Kapolres Katingan pun berkoordinasi dengan Bupati Katingan untuk mengatisipasi kerugian material dan jatuhnya korban jiwa yang lebih besar lagi untuk memberlakukan Sispamkota di Kota Kasongan dan sekitarnya.

Dan untuk pemberlakuan Sispamkota tersebut Kapolres Katingan meminta ijin petunjuk dan arahan dari Kapolda Kalimantan Tengah.

Hal ini adalah simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) pemilu 2019 yang digelar Polres Katingan pada Rabu (20/3/2019), guna menghadapi situasi kontijensi konflik sosial dalam mengamanan pemilu tahun 2019 di wilayah hukum Polres Katingan yang digelar di kantor KPU Kabupaten Katingan Jalan Ahmad Yani. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru