Wow, Mercure Hotel dan CBI Office Tower Gunakan Energi Ramah Lingkungan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 Maret 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya sumber energi yang digunakan Hotel Mercure dan Citra Borneo Indah (CBI) Group untuk menjalankan generator listrik pendukung didua gedung tersebut menggunakan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Usai prosesi groundbreaking proyek pembangunan hotel dan perkantoran tersebut oleh Owner CBI Group H Abdul Rasyid AS, Kamis (21/3/2019), Head Project Mercure Hotel dan CBI Office Tower Oktoriko Paravnansa menjelaskan mengenai hal tersebut.

"Rencananya untuk menggerakkan mesin atau gas engine guna mengenerate listrik hotel dan kantor kita menggunakan teknologi biogas yang tentunya lebih ramah lingkungan," jelas Oktoriko.

Biogas tersebut bakal disuplai dari perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan yang tergabung di CBI Group yang berada di Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) di Desa Natai Raya.

"Karena lokasi PKS Natai Raya merupakan lokasi terdekat untuk melakukan transfer biogas dari Biogas Plant yang sudah kita bangun," jelas Oktoriko.

Menurutnya, selain ramah lingkungan masih ada lagi alasan kenapa biogas bakal digunakan sebagai tenaga penggerak mesin listrik di gedung hotel dan kantor bila nantinya beroperasi.

"Salah satunya adalah pertimbangan ekonomi. Penggunaan biogas membuat kita bisa menekan cost operasional untuk pembelian bahan bakar penggerak  mesin pembangkit listrik di hotel dan perkantoran tersebut," jelasnya.

Pasalnya, menurut Oktoriko, penggunaan teknologi biogas saat ini sudah diaplikasikan untuk menggerakan mesin listrik di PKS yang tergabung dalam CBI Group.

"Di PKS Suayap teknologi biogas telah dikembangkan dan alhamdulilah sudah berhasil dimanfaatkan untuk memggerakkan pembangkit listrik dikawasan tersebut," jelas Oktoriko. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru