Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upacara Adat Laluhan Meriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Maret 2019 - 15:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Peringatan hari jadi ke-213 Kota Kuala Kapuas dan hari ulang tahun ke-68 Pemerintah Kabupaten Kapuas dimeriahkan dengan upacara adat laluhan.

Upacara itu berlangsung meriah di kawasan Dermaga Danau Mare, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan dihadiri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi istrinya Ary Egahni, Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal, Wakil Bupati Kapuas M Nafiah Ibnor, dan Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, serta Forkopimda.

Ribuan masyarakat menyaksikan upacara adat Laluhan yang digelar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, tepatnya di depan Dermaga Danau Mare, Kota Kuala Kapuas.

Saat kapal berjarak sekitar 30 meter dari dermaga, terjadi saling lempar batang suli antara penumpang kapal dan rombongan yang berada di panggung.

Acara itu merupakan ritual adat Suku Dayak Ngaju di Kuala Kapuas, yang menggambarkan betapa gigihnya mereka dalam mempertahankan wilayah dari gangguan musuh. 

Upacara laluhan juga menyimbolkan kegigihan warga Kota Kuala Kapuas memerangi kemiskinan dan keterbelakangan, sehingga menjadi masyarakat yang maju dan sejahtera. 

"Kebudayaan seperti ini mesti kita lestarikan terus-menerus agar diwariskan kepada generasi muda. Karena mengandung nilai-nilai semangat perjuangan," ucap Bupati Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru