Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Adat Balian Ngarunya Jadi Salah Satu Rangkaian Peringatan HUT Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Maret 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-213 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun Ke 68 Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2019, digelar ritual adat balian ngarunya, bertempat di depan rumah jabatan bupati, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan ini diikuti Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi isteri Ary Egahni, Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal, Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor dan Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh beserta unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas.

Ritual adat dayak Balian Ngarunya dipimpin Damang Selat Hendri Dinan, dan Tokoh Agama Hindu Kaharingan Sulatin. Kegiatan itu merupakan permohonan kepada Ranying Hatala Langit, berupa doa yang dipanjatkan oleh tetua adat setempat.

Ritual adat tersebut bertujuan agar pemimpin daerah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan arif dan bijaksana sehingga masyarakat dapat hidup makmur sejahtera.

Setelah diadakan kedua ritual tersebut, Bupati beserta tamu undangan melakukan pemotongan tumpeng atau yang biasa disebut Panginan Sukup Simpan yang merupakan makanan khas daerah suku dayak.

"Untuk kegiatan Balian ini yang mana dalam ritual adat untuk mendoakan para tamu undangan atau para pejabat agar dapat melakukan tugasnya dengan baik, diberikan kesehatan dan jabatan yang tinggi," ucap Hendri Dinan disela kegiatan. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru