Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Materi Belajar Sekolah Soal Penggunaan Dunia Maya

  • Oleh Naco
  • 21 Maret 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Rimbun menegaskan, agar pemerintah daerah bisa memikirkan materi pembelajaran di setiap sekolah agar memberikan edukasi terhadap penggunaan media sosial.

"Sangat penting agar ada jam pelajaran di sekolah yang di dalamnya memberikan edukasi penggunaan terhadap dunia maya. Termasuk disitu penggunaan media sosial," kata dia, Kamis (21/3/2019).

Rimbun mengakui perkembangan teknologi  tidak dapat dihindari. Perkembangannya seakan sudah menjadi konsumsi semua segmen masyarakat. 

Untuk mencegah terjadinya berbagai macam kejahatan melalui media sosial, para orang tua dan guru perlu memberikan penjelasan kepada anak-anak. Penjelasan itu diperlukan khususnya untuk anak-anak di bawah umur terutama jenjang pendidikan sekolah.

Rimbun menyebut persoalan itu selama ini belum masuk dalam kurikulum pendidikan tapi dirinya yakin kedepannya soal penggunaan medsos yang bijak ini akan masuk dalam kurikulum.

Bisa dilihat bersama kata dia dalam satu dekade terakhir ini media sosial telah menjadi sarana yang begitu popular. Medsos digunakan untuk berbagai macam  keperluan manusia dari komunikasi, promosi sampai mencari pengetahuan-pengetahuan  termasuk penyalahgunaan untuk hal-hal yang identik dengan  kejahatan. 

"Tidak jarang ada anak yang  belajar melalui media sosial hingga akhirnya disalahgunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan aturan. Dari itu aya melihat perlu adanya sebuah pendidikan atau edukasi khusus kepada anak sekolah dalam bermedia sosial hingga menggunakan dunia maya sebagai bagian dari kehidupan saat ini," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru