Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Beragam Komoditas Memiliki Potensi Ekspor Cukup Besar di Kalteng

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Maret 2019 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini potensi ekspor di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih sangat besar. Bahkan ada beberapa komuditas sangat berpotensi menarik minat pasar internasional jika dikembangkan dengan baik.

"Tidak hanya komoditas sawit beserta turunanya saja, namun komoditas lain masih banyak yang miliki potensi ekspor tinggi," ujar Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya, Parlin Robert Sitanggang, Kamis (21/3/2019).

Komuditas ini di antaranya aquatic plant, sarang burung walet, buah naga, buah durian, karet, hingga buah durian asli Kalteng. Namun hal itu harus ada kerja keras, agar apa yang dihasilkan bisa lebih berkualitas, sehingga menarik minat pasar internasional.

"Potensi itulah yang sangat besar. Kami mengajak masyarakat dan perusahaan terus meningkatkan kualitas produksi komuditas, sehingga para investor juga lebih tertarik nantinya," ungkapnya.

Saat ini pihaknya terus mendorong peningkatan volume ekspor, potensi ekspor, dan keragaman komoditas ekspor. Bahkan mereka juga memberikan bimbingan teknis dalam rangka pemenuhan persyaratan karantina negara tujuan ekspor.

"Pelayanan juga kami permudah melalui online, sedangkan pemeriksaan produk juga langsung dilakukan ke lapangan untuk memeriksa produk ekspor masyarakat oleh petugas agar prosesnya tidak membutuhkan waktu lama," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru