Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha Kalteng Diharapkan Bangun Rumah Pencucian Sarang Walet

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Maret 2019 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pengusaha di Kalimantan Tengah (Kalteng) diharapkan berani membangun rumah pencucian atau pembersihan sarang burung walet agar hasil dari penjualan sarang lebih menguntungkan ke depannya. 

Adanya anjuran membangun rumah pencucian sarang walet tersebut dilakukan, karena budidaya sarang walet sangat potensial. Bahkan di Kalteng mencapai 150 ton per tahun.

"Saya harap ada pengusaha yang membangun pabrik tersebut. Karena harga sarang walet yang sudah bersih akan jauh berbeda dengan yang ada saat ini," ujar Kepala Balai Karantina Pertanian Klas II Palangka Raya Parlin Robert Sitanggang, Jumat (22/3/2019). 

Dirinya menerangkan, harga sarang burung walet saat ini berkisar antara Rp10 juta hingga Rp15 juta. Namun harga tersebut akan meningkat tajam jika sudah dicuci. Bahkan kenaikan bisa mencapai 200% lebih. 

"Kalau sarang walet yang sudah bersih dicuci harganya mencapai Rp45 juta hingga Rp50 juta," kata Parlin. 

Dengan adanya hal tersebut, tentunya akan sangat menguntungkan jika ada pengusaha yang membangun rumah pencucian itu. Dan hal itu akan berdampak terhadap perekonomian nantinya. 

"Jadi saya harap pengusaha jangan hanya puas dengan penjualan sarang saja. Namun juga harus ada trobosan baru yang bisa membuat keuntungan lebih besar," ungkap Parlin. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru