Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cuaca Panas akibat Posisi Matahari Tepat di Ekuator 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Maret 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Akhir-akhir ini, cuaca di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) cenderung panas ternyata akibat pada Maret 2019 ini posisi matahari tepat berada di ekuator.

"Dari pantauan kami, suhu panas di Kotim terjadi akibat posisi matahari berads tepat di ekuator," ujar Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Lyla Affifah, Jumat (22/3/2019). 

Sejak awal Maret 2019 ini cuaca di Kotim memang cenderung panas. Bahkan puncaknya pads Kamis (21/3/2019) suhu panas mencapai 35 derajat celcius.

Suhu tersebut lebih tinggi dari pada hari biasanya. Sehingga warga di daerah ini merasakan cuaca yang kering hingga menyebabkan panas yang cukup tinggi. 

"Kemarin cuaca memang tinggi, bahkan mencapai 35 derajat celcius," kata Affifah. 

Seharusnya, pada Februari hingga Maret 2019 memasuki puncak hujan. Namun karena adanya massa udara yang bergerak dari sebelah utara dan membawa masa udsrs dingin, sehingga menyebabkan cuaca cenderung kering. 

"Perakiraan kami cuaca panas akan masih berlangsung hingga akhir bulan Maret 2019 ini," ungkap Affifah. 

Diharapkan masyarakat harus berhati-hati dengan lahan mereka. Karena sangat rawan terbakar akibat adanya cuaca panas ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru