Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Bersiap Sambut Musim Kemarau

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Maret 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan bersiap mengantisipasi datangnya musim kemarau.

Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Icing, Sabtu (23/3/2019), menuturkan bahwa untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau tahun ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan.

"Dua hari yang lalu kami menggelar kegiatan pendampingan masyarakat peduli api relawan siaga bencana," tutur Icing.

Ia menyampaikan, sejauh ini wilayah Katingan masih musim hujan. Diprediksi pergantian musim dari hujan ke kemarau berlangsung pada Mei 2019 atau lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Icing melanjutkan, selama tiga tahun terakhir yakni dari 2016-2018, Katingan aman dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sebab, musim kemarau dalam kurun waktu tersebut diselingi hujan alias kemarau basah.

"Beda dengan 2015 lalu yang terjadi kemarau panjang mengakibatkan banyak lahan dan hutan waktu itu terbakar hingga menimbulkan kabut asap," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah warga Kasongan dan sekitarnya sejak sepekan terakhir mengeluhkan suhu udara yang panas menyengat.

"Cuaca cukup panas sejak beberapa hari terakhir dan kalau siang saat kita berada di luar rumah panas matahari begitu menyengat membakar kulit," tutur Hana. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru