Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa di Kabupaten Gunung Mas Harus Miliki Produk Unggulan

  • Oleh Magang 1
  • 24 Maret 2019 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas, Yulius Agau mendorong desa di wilayah setempat agar memiliki produk unggulan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kami, desa di Kabupaten Gunung Mas memiliki produk unggulan yang dapat bersaing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Yulius Agau, Minggu (24/3/2019).

Menurutnya, produk unggulan tidak harus muluk-muluk. Dia mencontohkan Yogyakarta yang terkenal akan bakpia. Saking terkenalnya, banyak wisatawan yang membawa bakpia sebagai oleh-oleh, jika berkunjung ke Yogyakarta.

Di Kabupaten Gumas, lanjutnya, beberapa desa memiliki potensi untuk memunculkan produk unggulan. Salah satunya Desa Karya Bakti di Kecamatan Rungan, yang memiliki potensi di bidang ternak sapi.

“Sekitar 60 persen kepala keluarga di Desa Karya Bakti sudah memiliki ternak sapi. Di wilayah sekitar sudah terkenal, jika ingin membeli sapi maka di Desa Karya Bakti tempatnya,” kata dia.

Terkait itu, Yulius mendorong setiap desa di wilayah ini agar memiliki produk unggulan. Produk unggulan masing-masing desa diharapkan berbeda antara yang satu dengan lainnya.

“Kuncinya adalah inovasi. Masyarakat jangan ragu untuk berinovasi, sehingga produk yang dihasilkan berbeda dan unik jika dibandingkan dengan produk dari daerah lain,” pungkasnya. (MAGANG I/B-11)

Berita Terbaru