Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Ini Ingatkan Musim Kemarau Jangan Terjadi Bencana Asap Lagi

  • Oleh Naco
  • 24 Maret 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, H Dani Rakhman menegaskan  jangan sampai terjadi bencana kabut asap lagi pada musim kemarau di kabupaten ini.

Maka dari itu kata dia pemerintah daerah melalui instansi teknis untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mensiagakan tim terpadu apalagi belakangan ini titik api sudah muncul di sejumlah tempat.

Menurut Dani tim tersebut harus di siagakan mulai saat ini jangan menunggu bencana itu besar baru tim dibentuk, harus berpengalaman dari kejadian sebelumnya antisipasi itu harus dilakukan jauh-jauh hari.

"Dampak dari kabut asap itu tidak hanya merenggut korban jiwa saja namun berdampak terhadap aspek lainnya mulai dari sosial, ekonomi, pemerintahan, hingga sektor lainnya berpengaruh besar," kata dia, Minggu (24/3/2019).

Ia juga meminta kepada pemerintahan tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan agar bisa menyediakan fasilitas alat pemadam kebakaran setidaknya jika kebakaran itu terjadi untuk wilayah yang sulit dijangkau oleh tim terpadu bentukan pemerintah daerah alat tersebut bisa dimanfaatkan untuk memadamkan api melalui tim-tim yang ada di semua tingkatan pemerintahan.

Dani mengakui sejauh ini pengentasan masalah kebakaran hutan dan lahan itu masih belum sepenuhnya mampu diatasi namun setidaknya dengan upaya pencegahan itu bisa mengurangi setiap memasuki musim kemarau hingga pada akhirnya api itu tidak muncul lagi.

"Kalau memang masih ada setidaknya tidak membawa pada bencana kabut asap," pungkas politisi Partai Demokrat tersebut. (NACO/B-5)

Berita Terbaru