Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Haul Akbar ke-11 Kyai Gede Dipadati Ribuan Peziarah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Maret 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komplek makam Kyai Gede, Kecamatan Kotawaringin Lama, Minggu (24/3/2019) dipadati ribuan peziarah.

Mereka berdatangan dari berbagai daerah, bahkan dari Pulau Jawa tersebut menghadiri haul akbar ke-11 Kyai Gede yang merupakan salah satu tokoh ulama yang berpengaruh terhadap penyebaran agama Islam, khususnya di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Tidak hanya berperan penting terhadap syiar Islam, Kyai Gede juga memiliki peran penting dalam perjalanan kerajaan Kotawaringin. Semua tampak khusuk mengikuti rangkaian tahlil akbar dan tawsiah oleh Habib Zeen Muhsin Al Hinduan dari Jawa Timur.

Dari ribuan peziarah yang hadir Bupati Kobar Nurhidayah bersama suaminya HM Ruslan AS. Dalam sambutannya bupati menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana atas suksesnya kegiatan ini.

"Saya menyambut baik pelaksanaan haul Kyai Gede ini, karena kita sudah menetapkan wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama sebagai destinasi wisata religi dan kegiatan ini merupakan salah satu event pendukungnya. Ke depan akan terus kita benahi, termasuk sarana dan prasarana penunjang, termasuk di komplek makam Kyai Gede ini,” jelasnya.

Bupati menjelaskan kegiatan haul akbar Kyai Gede ini adalah bagian dari pelaksanaan festival religi yang juga dimasukkan ke dalam kalender even pariwisata di Kobar.

"Harapannya dengan peningkatan kunjungan ke wilayah Kotawaringin Lama seperti hari ini, memberi dampak positif khususnya di sektor perekonomian masyarakat," jelasnya.

Karena berdasarkan laporan panitia tercatat ada 180 lapak penjual yang menyediakan berbagai kebutuhan para peziarah.

"Karena itulah kami mengajak seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah memaksimalkan segala potensi yang ada bagi perkembangan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru