Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adiwiyata Diharapkan Mengubah Pola Sikap, Tindak, dan Perilaku Anak

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Maret 2019 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukamara, Rendy Lesmana mengharapkan melalui Adiwiyata bisa merubah pola sikap dan pola tindak para pelajar terhadap lingkungan.

"Adiwiyata ini bukan lomba, tapi program yang terintegrasi yang pada akhirnya ada perubahan pola sikap, pola tindak dan pola perilaku kepada anak-anak dalam kepedulian lingkungan," ucap Rendy, Minggu (24/3/2019).

Menurut Rendy, materi pelajaran yang disampaikan kepada anak-anak tidak hanya satu materi saja, namun harus terintegrasi denan banyak materi pengerjaan yang lainnya untuk meningkatkan pengetahuan siswa.

"Sehingga dibutuhkan hasil akhirnya, adalah anak-anak yang peduli dengan lingkungan. Salah satunya kebersihan, menjaga lingkungannya, bagaimana menata halaman, serta peduli terhadap sampah," tuturnya.

Dia menambahkan penghargaan adiwiyata memiliki beberapa tingkatan, baik dari tingkat kabupaten hingga Asean. Tingkat Asean hanya sekolah yang telah mendapat penghargaan adiwiyata utama yang boleh mengikuti.

"Adiwiyata itu ada beberapa tingkatan yang pertama Adiwiyata kabupaten, kemudian Adiwiyata tingkat provinsi, setelah itu Adiwiyata tingkat nasional, selanjutnya Adiwiyata mandiri," ujarnya.

Lanjutnya, untuk sekolah yang telah berhasil meraih penghargaan tingkat adiwiyata utama, maka akan memiliki kesempatan mencapai Asean Eco School.

"Untuk sekolah yang sudah adiwiyata utama akan diberikan kesempatan untuk bisa meraih Asean Eco School," katanya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru