Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Hadiri Perayaan Nyepi Warga Desa Ajang 

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Maret 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio menghadiri perayaan Dharma Shanti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 di Desa Ajang, Kecamatan Permata Kecubung, Senin (25/3/2019).

"Perayaan Nyepi ini merupakan warisan dari negara yang mengandung nilai-nilai luhur," ucap Windu Subagio, Senin (25/3/2019)

Menurut Windu, hal tersebut tercermin dari Catur Brata Penyepian yang diantaranya adalah tidak boleh menyalakan api, tidak melakukan karya, tidak keluar rumah dan tidak bersenang-senang atau berfoya-foya.

"Hal inilah yang menjadi pedoman dan penuntun bagi umat Hindu dalam melaksanakan prosesi Nyepi," ujarnya.

Windu melanjutkan, umat Hindu patut merasa bangga akan hal tersebut, mengingat telah mengambil bagian dalam upaya menjaga  dan melestarikan nilai-nilai luhur yang telah ada di negeri ini sejak dulu.

"Nyepi adalah sarana introspeksi, dan menjadi sarana evaluasi diri untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik, pikiran yang tidak jernih dan perkataan yang tidak pada tempatnya," kata Windu Subagio. 

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Ajang dihadiri oleh Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi dan juga tamu undangan lainnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru