Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motivasi Pemekaran Kotara untuk Kesejahteraan Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 25 Maret 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur HM Jhon Krisli merupakan salah satu pioner lahirnya ide untuk pemekaran Kotawaringin Utara (Kotara) melihat selama ini daerah utara memang banyak luput dari program pembangunan.

"Sehingga dengan pemekaran ini akses layanan pemerintah juga lebih dekat serta masyarakat di sana bisa lebih sejahtera," kata Jhon, Senin (25/3/2019).

Menurutnya dengan luasan Kotim seperti ini sulit jika tidak dimekarkan, karena hanya bergantung dari APBDKotim saja. "Makanya kita gerakan pemekaran wilayah ini, “tegas Jhon.

Sementara itu, Wakil BP3K Kotara, Kemikson F Tarung mengakui pihaknya sudah menggelar pertemuan dngan perwakilan Dirjend Otda Kemendagri, Bersama Pemprov Kalteng dan Perwakilan calon daerah otonomi baru (CDOB) Kabupaten Kotara. 

Saat itu tidak hanya mereka saja tetapi bersama CDOB dari beberpa daerah di Kalteng seperti halnya dari Kapuas Ngaju, Rungan Manuhing, dan Katingan Utara. Di situ pembahasanya masih berkutat dengan tentang kelengkapan administrasi CDOB.

Kemikson mengakui motivasi mereka untuk pemekaran ini tidak lepas dari hakekat dari APBN dan APBD adalah untuk kesejahteraan rakyat. Salah satu fakta esensial untuk mewujudkan itu adalah dengan pemekaran wilayah kabupaten kota maupun provinsi. 

“Karena melalui pemekaran wilayah terwujudlah pemerataan dan percepatan pembangunan sampai ke seluruh pelosok tanah air, ini fakta, bukan mitos," kata Kemikson.

Maka dari itu kata dia  salah satu pernyataan sikap politik dari 314 daerah calon daerah otonomi baru dari seluruh Indonesia, yang tergabung dalam forkornas CDOB, menyatakan komitmen untuk tidak memberikan dukungan politik kepada para calon pemimpin maupun wakil yang akan duduk di lembaga eksekutif maupun legislatif yang tidak pro pembentukan daerah otonomi baru atau pemekaran daerah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru