Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stok CPO Menumpuk, Perusahaan Ini Tambah Tangki Timbun  

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 26 Maret 2019 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Emiten perkebunan, PT Mahkota Group Tbk. (MGRO) akan memperbesar kapasitas tangki timbun menjadi 98.000 ton pada tahun ini.

"Kapasitas tangki timbun saat ini masih 78.000 ton. Saat ini, perseroan tengah melakukan proses penambahan tangki timbun sebanyak 20.000 ton, dengan belanja modal senilai Rp20 miliar," kata Direktur Utama MGRO, Usli Sarsi, kepada pers di Jakarta, Senin (25/3).

Lemahnya harga CPO, menurut Usli, menjadikan perusahaan ragu untuk ekspansi. Sentimen negatif yang belakangan ini muncul pemicu keraguan dalam ekspansi, sehingga tangki timbun perseroan kini penuh. 

"Alasan lain yang menyebabkan penuhnya tangki timbun perseroan adalah harga CPO yang belum membaik. Kendati begitu, prospek CPO bakal membaik untuk jangka panjang," papar dia.

Di sisi lain, Usli menilai, sentimen-sentimen negatif dari Uni Eropa memang cukup berpengaruh terhadap ekspor produk CPO dan turunannya. Namun dengan adanya campur tangan dari pemerintah, masalah ini bisa diselesaikan.

"Bercermin dari sentimen negatif yang sering dilontarkan Uni Eropa, pemerintah perlu melakukan kerja sama yang baik antar negara penghasil CPO di tingkat regional guna melawan sentimen-sentimen tersebut di tingkat internasional," ujarnya.

Usli menambahkan, perseroan membatalkan rencana ekspansi ke biodiesel pada tahun ini. Sebab, MGRO tengah fokus menyiapkan pembangunan pabrik refinery dan Kernel Crushing Plant (KCP) guna memasuki industri penghiliran yang sedang gencar digalakkan oleh pemerintah. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru