Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekretaris Disdikbud Sukamara Turut Pantau Pelaksanaan UNBK SMK

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Maret 2019 - 13:28 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara Sugiyo turut memantu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) seluruh sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berlangsung sejak 25 Maret 2019. 

"Dalam pelaksanaan UNBK SMK, kita juga sudah melakukan pemantauan," ujar Sugiyo, Selasa (26/3/2019)

Pemantauan yang dilakukan Disdikbud Sukamara bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan berjalan lancar dan sukses. Meski sebenarnya pelaksanaan UNBK SMK sepenuhnya menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng.

Dari hasil pemantauan Disdikbud Sukamara, UNBK SMK berjalan dengan lancar, di mana ujian dilakukan sebanyak dua sesi.

"Lancar dan aman, peserta hadir semua dan pelaksanaannya sebanyak dua sesi," ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Sukamara Sutrisno meminta kepala sekolah melakukan evaluasi terhadap hasil Ujian Nasional (UN). "Saya memerintahkan kepada sekolah melakukan evaluasi terhadap ujian ini. Jangan sampai tidak ada evaluasi," ungkapnya.

Menurut dia, evaluasi yang dilakukan baik dari segi sarana prasarana, keterampilan dan kemampuan siswa dalam menjawab soal.

"Keterampilan dan kemampuan ini berbeda ya. Maksudnya untuk keterampilan terkait dengan teknologinya. Sedangkan kemampuan siswa menjawab terkait dengan soal-soalnya," jelas Sutriano.

Dengan adanya evaluasi tersebut, ke depannya kekurang yang terjadi saat ini dapat diperbaiki. Sehingga pelaksanaan UNBK di tahun berikutnya bisa semakin baik.

"Dari evaluasi ini, di mana yang lemah maka itulah yang harus kita benahi," tutur Sutriano. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru