Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sosialiasi PUG Diharapkan Tingkatkan Pemahaman SOPD Mengenai PPRG

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Maret 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sosialiasi Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) diharapkan bisa meningkatkan pemahaman satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) mengenai PPRG.

"Harapan kita melalui sosialiasi ini yaitu adanya pemahaman dari SOPD terkait dengan Penganggaran Responsif Gender," ucap Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPP-PA) Kabupaten Sukamara, Harapan Wahai, Selasa (26/3/2019)

Kegiatan yang diikuti 124 peserta ini adalah upaya pihaknya untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan. Salah satunya dalam program pembangunan.

"Mudah-mudahan kegiatan bisa berjalan dengan baik dan bisa dipahami, sehingga bisa diterapkan di SOPD," ujarnya.

Sementara itu Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan di dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini, keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan.

Hal tersebut karena gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global atau millenium development goals (MDGs) hasil dari kesepakatan dari negara-negara dunia.

"Artinya semua laki-laki dan perempuan dapat dilibatkan secara optimal dalam peran pembangunan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan," imbuhnya. (NORHASANAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru