Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kotim: Budayakan Kegemaran Membaca Terhadap Anak

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Maret 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Salah satu upaya yang harus ditanamkan orang tua dan para tenaga pendidik kepada anak adalah kegemaran membaca. Karena dengan itu, kecerdasan akan muncul dan tertanam dalam diri anak.

"Anak harus menjadi perhatian kita semua agar mereka cerdas dan berpengetahuan, maka budayakan kegemaran membaca pada diri mereka," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnur, Selasa (26/3/2019).

Ada berbagai cara untuk menumbuhkembangkan minat baca anak-anak. Mulai dari mencari bacaan yang mereka sukai, apakah itu dongeng, buku bercerita, atau bahkan buku budaya daerah dan juga nasional.

Sehingga secara tidak langsung, mereka bisa membaca sambil belajar atau menambah ilmu pengetahuan terkait dengan kebudayaan di darat ini dan nasional.

"Itu adalah salah satu cara untuk membudayakan minat baca anak, sehingga anak-anak kita nanti bisa memiliki pengetahuan dan kecerdasan tinggi," ungkapnya.

Ajakan tersebut adalah sebagai upaya pemerintahan darah untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak, karena  bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter. 

Karakter sendiri dibentuk melalui pendidikan baik formal maupun non formal. Yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral, intelektual, keterampilan, dan kreativitas.

"Untuk menumbuhkan itu, tentu membaca adalah salah satu faktor yang harus dibudayakan pada anak," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru